Skip to main content

PKR (Pesantren Kilat Ramadhan)

Ramadhan identik dengan berbagai aktivitas, mulai dari para pedagang makanan tambah ramai, pasar baju makin padat dan masjid-masjid mulai padat oleh jamaahnya. Bahkan ada salah satu aktivitas yang identik dengan moment Ramadhan, yakni PKR alias Pesantren Kilat Ramadhan.
PKR atau Pesantren Kilat Ramadhan, umumnya diadakan di sekolah-sekolah atau di masjid-masjid, dengan berbagai jenis aktivitas yang biasanya dilakukan paling lama 3 hari 2 malam, tapi terkadang ada juga yang pulang-pergi (tanpa menginap).
Kali ini saya hanya sharing pengalaman pernah jadi anak PKR *Loh, pernah jadi anak PKR toh buk? :-D

PKR pertama, kls IX
PKR atau Pesantren Kilat Ramadhan pertama kali saya ikuti ketika duduk di kls IX (3 SMP). Walau sekolah saya banyak orang bataknya :-D, tapi sekolah masih care sama event-event seperti ini. Ini adalah PKR pertama kalinya diadakan di SMP saya, karena kebetulan KepSeknya baru. Jadi aturan juga berubah :-)
Agak lucu juga sih waktu itu, masalahnya gue SMP jahiliyah men, alias gak pakai jilbab :-((
Maklum saja, waktu itu teman-teman saya yang pakai jilbab juga bisa dihitung dengan jari. Saya agak canggung berjilbab ke sekolah waktu itu? Sebenarnya enggak juga sih ya, karena saya sudah kenal jilbab dari zaman SD hanya saja sifatnya yang tutup-buka itu dan gak pernah pakai jilbab selama SMP kecuali event islami yang mengharuskan berjilbab, jadi agak lucu juga kalau ketemu teman-teman :-D 
Tapi, mungkin juga karena itu semua akhirnya saya putusin SMA berjilbab :-)
Oh iya, nanti kita share tentang awal saya berjilbab yaaa.... *Insya allah :-)

Nah, akhirnya saya mengikuti event PKR yang diadakan di SMP saya dulu. Pertama kali, para peserta PKR mengikuti rapat yang diadakan oleh para panitia PKR. Disana kita membahas tentang persiapan apa saja yang harus dibawa selama PKR. Kami PKR nginap disekolah selama 3 hari 2 malam dan para peserta disuruh bawa masakan mentah (seperti beras,indomie,telur,minyak goreng dll) yang sifatnya dapat bertahan lama dan tidak basi. Tapi itu dibawa hanya di hari pertama ya, hari selanjutnya nikmati makanan yang ada :-)
Yang saya ingat hari pertama PKR, sesampai disekolah para peserta PKR mengumpulkan bahan masakan mentah yang dibawa dari rumah di warung Kak Noni. Oh iya kenalin, kak Noni adalah pedagang makanan di kantin SMP dulu :-)
Oh iya, kita juga disuruh bawa alat makan sendiri lo. Piring, gelas, sendok dll tetapi berbahan plastik juga dikumpul di warung Kak Noni yang sebelumnya udah diberi nama dari rumah, biar gak ketukar dengan yang lain.
Kalau teman-teman gue yang anak OKB, pada bawa bantal, selimut, boneka dari rumahnya. Serasa pindahan, hehehe...
Kalau gue? Karena gue ya gue, bawa tas aja buat alas kepala, cocok gak? :-D
Tapi, malangnya nasib-nasib anak OKB itu man. Semua barang bawaannya (bantal, selimut, boneka, dll) disita panitia PKR, karena kata mereka kita disini harus hidup susah! :-D
Sampai-sampai makanan yang mereka bawa dari rumah juga pada disita, untung gue gak bawa, hahaha...
Padahal seingat gue, emak gue udah repot bin rempong minta gue bawa makanan-makanan dari rumah.
Seperti ini nih, "Din, bawa roti, bawa susu buat cemilan malam, ntah malam kamu kelaparan, bawa ini..din, bawa itu din..bla, bla, bla" Hehehehe
Tapi gue bilang, "Gak, usah lah orang gak disuruh. Bawa yang disuruh mereka aja".
Dan alhamdulillah, benar kan. Kalau gak? Makanan gue juga ikut disita :-D

Hari pertama PKR,
Sampai di sekolah sore hari, disuruh geser-geser meja panjang yang ada lacinya itu lo. Ngapain? Buat tempat tidur kita :-D
Jadi selama 2 malam, kita tidur diatas meja ramai-ramai, cewek dengan cewek yang laki bareng yang laki.

Event PKR...
Event yang diadakan selama PKR cukup asyik, mulai main game, shalat berjamaah di masjid, pengajian, kultum, buka puasa bareng, sahur bareng, begadang dimalam terakhir PKR, nangis bareng, dll. 
Hal yang paling saya ingat dari PKR SMP 
1. Kalau makan harus habis, gak boleh nyisa & gak boleh dibuang
2. Gak boleh ada yang meninggalkan ruangan makan sebelum semua peserta selesai makan
3. Wudhu dengan air hujan dan shalat maghrib di kelas cewek semua, karena hujan turun dengan derasnya sementara masjid jauh dari kelas yang dipakai buat menginap
4. Gantian kultum subuh, semua peserta kedapetan kultum
5. Digosipin, kalau gue pacaran sama adik kelas *weleh-weleh, bagian itu adalah bagian yang gak asyik :-( Dasar tuh adik kelas aja yang TP2 mau PDKT, ya Tuhan -_______-
6. Makan makanan dengan mata tertutup, para panitia bilang kalau kita dikasih makan cacing. Jadi udah jijik2 gimana gitu, padahal kita cuma dikasih makan indomie goreng  *Ketipu :-O

Dan PKR 3 hari 2 malam berjalan dengan baik dengan banyak cerita dan pengalaman.
Jadi kangen kalian man-teman :-(

PKR kedua & ketiga, Cerita dari SMA :-)
PKR kedua saya, ketika duduk di kls XI (2 SMA) 
Sebenarnya PKR di SMA sudah ada sejak saya duduk si bangku X-12,tapi baru saya ikuti ketika duduk di bangku XI IPA 1. Maklumlah, waktu itu kan judulnya saya anak baru man, jadi adaptasi lingkungan dulu lah :-D  Dan PKR ketiga alias PKR penutup, ketika saya duduk di kls XII IPA 6 (3 SMA)

PKR semasa SMA benar-benar berbeda 180 derajat dengan SMP, kita gak perlu bawa makanan, masakan mentah bahkan alat makan. Hanya diwajibkan bawa diri dan bekal diri :-D
Tidurnya juga gak di atas meja yang setiap malam membuat para peserta gelisah tidur, karena susah miring kanan-kiri :-D Tapi tidur di lantai yang beralaskan tikar/karpet gitu, saya lupa gan :-D
Masih sama dengan SMP, kita tidurnya di kelas. 1 kelas isinya bisa sekitar 20-25 orang kalau saya tidak salah. Tapi tetap, cewek sesama cewek dan cowok sesama cowok.
Untuk event-event yang diadakan juga sama seperti waktu saya SMP. Pengajian, ceramah, dll yang berbau-bau agama.

Kenangan dari PKR SMA
Pertama :
Waktu pertama kali PKR di SMA, punya banyak kenalan :-D Karena 1 kelas, isinya gak hanya yang sekelas tetapi di mix & match, jadi ada adik dan kakak kelasnya. Waktu itu banyak tamannya dari sesama ekskul di sekolah DEC (Dharmawangsa English Club), jadi satu kamar bareng adik-adik yang baru bergabung di DEC. Jadilah itu kamar perkumpulan anak-anak DEC :-D
PKR selanjutnya, masih sama di mix and match juga teman sekamarnya. Campur baur adik dan kakak kelas.

Kebiasaan para penghuni di kelas tempat menginap gue selama 3 hari 2 malam itu adalahhhhhhhhhhhhhhhh
jreng..jreng..jreng... MENGGOSIP :-O
Entah nasib apa yang harus membawa gue sekamar dengan para pegosip dari awal ikut PKR sampai terakhir jadi peserta PKR :-(
Eits, wait! Tapi gue masih punya teman tidur yang gak penggosip. Jadi ketika jam tidur, yah kita tidur aja :-)
Walau sebenarnya, tidurnya agak sedikit terganggu karena para pegosip itu :-D Habis, kalau ngobrol kencang pisaaannnnnnn euy *keluar bahasa sunda gue :-D
Yang digosipin gak jauh-jauh dari "cowok", biasalah ibuk-ibuk. Wkwkwkwk 
Ada yang bilang si itu ganteng lo, si itu cool ya, si itu...dan si itu... #Gak boleh dibeberkan semua disini, wkwkwk...lucu deh kalau ingat yang ini karena saya tahu siapa yang dimaksud mereka, hwahahahaha :-O
Kok gue tahu isi gosip mereka? Ya iyalah, namanya gue nguping :-D, yahhhh, gimana gak tahu coba tuh orang ngomongnya kencang2 banget man. Udah gitu, yang parahnya teman gue yang tadinya gak suka ikut menggosip jadi ikutan menggosipin si doi. Eh, besoknya kita pada bangun dia cerita ke gue gosip apa mereka tadi malam. Hwahahaha, parah ni cewek
Gue hanya senyam-senyum mendengarnya, mereka lucu deh kalau lagi nyeritain si itu tuh. Hahaha... *Kibas jilbab :-)
Yang lebih lucu lagi, salah satu teman kamar gue malah sebentar-sebentar permisi katanya mau ke toilet. Padahal mau TP2 sama si itu tuh, hwahahaha
Malah sempat ada yang maksa-maksa ke panitia, pengen nonton BBF (Boys Before Flowers) segala sebagai alasan. Padahal mau lihat wajah tuh doi :-D Yah, mana mungkin dikasih panitia lah *aya2 wae alasannya atuh neng :-D
Udah ah jangan dilanjutin lagi, senyum-senyum sendiri gue ngetik ini. Entar di kira rekan kerja gue, gue gak waras lagi, hehehehe 

Yah, begitulah para penghuni kamar gue. Yang ada gue gak nyenyak tidur selama PKR man, karena bising pintu bolak-balik dibuka, belum lagi nyamuk-nyamuk makin asyik menari, hmmm... 
Yang buat gue bingung, ini orang-orang pada mau PKR apa mau cari jodoh? Wkwkwkwk

Kedua :
Gue pernah ikutan tampil waktu acara show PKR. Ada yang nyanyi, main drama, nari, main alat musik, dll.
Gue waktu itu milihnya nari. Tariannya, tarian islami gitu yang gak banyak gerakannya dan juga diiringi lagu islam. Kita latihannya cuma sehari dan alhamdulillah ketika tampil memuaskan :-)
Yang gue inget, lirik lagunya bagus euy... Begini, kalau tak salah 
"Jika Tuhan...kita kenali, kasih sayangnya seluruh alam...
Kita sanggup untuk menerima uzian dariNya
Kita sanggup korban harta kita, demi cinta kepadaNya
Cinta kan Tuhan..cinta yang abadi, cinta kan selain Tuhan..cinta murahan"
Yah, begitu kira-kira liriknya yang saya ingat :-)

Ketiga :
Waktu PKR terakhir (kls 3 SMA), gue kebagian nyanyi tapi gue tolak men :-D
Lagi gak mood aja, mau ikut-ikutan show yang diadakan PKR saat itu. *Pengaruh usia juga kali ya, maklum udah tuir :-D

Keempat :
Biasa, malam terakhir PKR adalah jadwalnya begadang :-)

Waktu itu kita dikumpulkan di aula, buat menyaksikan tayangan penutup PKR. Pertama PKR kalau gak salah pembahasannya orang tua dan aborsi, terakhir PKR kalau gak salah yang dibahas kematian. Jadi, ada mayat2nya gituh :-)
Biasa, nangis-nangis bombay ala cabe gitu dihari terakhir :-D *Ini bahasa saya gak jelas :-O

Yah, itulah kenangan-kenangan manis saya selama pernah menjadi peserta PKR :-)
See in my next story ^__^

Comments

Popular posts from this blog

PLN Part 3 ~Tes Potensi Akademik (TPA) & B.Inggris

Akhirnya Tes GAT terlewati, 2 jam di ruang uzian berhasil membuat sedikit agak bernafas lega dan otot-otot serta syaraf yang tegang rileks kembali. Sebelum keluar dari ruangan, panitia sudah mengumumkan bahwa hasil tes akan diumumkan hari itu juga paling lambat sekitar pkl 20:00 wib. Dan bagi peserta yang lanjut dapat mengikuti tes kembali besok di ruangan yang sama. Arghhh..leganya, alhamdulillah semua soal dapat saya jawab dan menyelesaikannya tepat waktu. Yah, meskipun agak sedikit ragu. Karena materi yang dikerjakan hanya sekitar 30% dari buku yang saya beli satu minggu yang lalu di Gramedia :-( Tapi wait..soal gak terlalu sulit kok, yang terpenting anda fokus dan jangan lupa berdo'a sebelum uzian :-) Selesai tes, saya shalat dulu karena belum sempat shalat zuhur tadi sebelum tes. Dan saya pulang... Sesuai arahan panitia, saya mengecek website PLN untuk mengetahui hasil tes. Ternyata belum ada. Dan sekitar pkl 23:00 wib saya buka kembali, ternyata sudah ada

Cinta! GILA atau ANEH?

Saat ada yang jatuh cinta Mereka tertawa bahagia Seakan dunia adalah surga Tak jarang perbuatan gila melanda Mulai bergaya ala artis Tak jarang berpose bak selebritis Foto demi foto di upload dengan wajah manis Hanya demi menarik perhatian sang pujaan hati Tapi, saat ada yang patah hati Dunia seakan tak berarti Rasanya ingin bunuh diri Atau..mati saja saat ini! Muka mengucel, badan melesuh, semangat memudar Upload status tak lebih dari cacian dan makian Atau..bak manusia yang paling tak berarti di dunia Entahlah! Hanya si empunya yang tahu betapa kacaunya ia! Ada pula cinta diam... Yang mengagumi dalam diam Mencintai dengan diam Berdo'a menyeru namanya diam-diam Ada juga cinta umbar Semua perasaan di publish bak selebritis Setiap kata dirajut menjadi kalimat paling romantis Semua wajah di edit jadi foto-foto manis ~ Lalu, pernahkah terlintas di benak anda? Tatkala jatuh cinta kepada seseorang dan merasa bahagia, sebenarnya ada perasaan wanita lain yan

Eye Level

Keputusanku untuk kembali ke medan setelah wisuda, bulat sudah. Banyak hal yang sudah difikirkan masak-masak sebelum memutuskan. Bukan gampang! Meninggalkan posisi karier yg terbilang sudah cukup lumayan dari segi apapun. Tapi setiap perjalanan harus ada pengorbanan, don't be egoistic!!! Ada banyak pertimbangan meninggalkan semua rutinitas di Jawa dan hidup entah seperti apa di Medan. Ya, itulah yang ada di benakku tatkala itu. Pertama, keluarga Kini kami hanya tinggal berempat. Ayah adalah bapak dan ibu bagi kami. Rasanya tidak tega harus meninggalkan ayah dan dua adikku setelah ditinggal pergi mama. Mengurus ini dan itu seorang diri. Membereskan segala sesuatunya sendiri. Ya sih masih ada fanny yg dibilang sudah cukup dewasa. Tapi, aku mengenal betul watak fanny dari kecil. Fanny bukan typikal orang yg care abis sama rumah. Care sih tapi gak pakai banget. Belum lagi si Raisya, masih terlalu kecil untuk harus memahami semua ini. Dia akan merasa kesepian karena hanya memiliki