Skip to main content

Posts

Showing posts from June, 2015

PLN Part 4 ~ Tes Psikotes

Hai blogers..wah lama ya nunggu kelanjutan posting saya tentang perjuangan panjang di PLN? Sabar ya..maklum artis schedule padat, haha
Ok kita lanjut... Hasil tes AkDing (Akademis dan Bahasa Inggris) diumumkan hari itu juga, selesai tes lewat website PLN. Saya cek sekitar pkl 22:00 wib belum ada tanda-tanda disana, karena sudah lelah menjawab soal siang tadi dengan panas - dingin. Saya putuskan untuk tidur dan menunggu hasil besok :-)
Sekitar pkl 02:00 wib saya terbangun, sebelum memutuskan menyelesaikan dua rakaat. Saya ambil hp saya dan mencoba melihat pengumuman disana. Alhamdulillah ternyata nama saya masih menyangkut diantara 700 orang yang dinyatakan lulus mengikuti ke tahapan selanjutnya. Alhamdulillah :-) Kita review ya, dari 847 orang yang lolos di Tes Intelegensi dan brhak mengikuti tes AkDing, hanya 700 orang yang dinyatakan lulus tes AkDing dan berhak mengikuti psikotes. Berarti ada 147 orang yang harus berhenti langkahnya. Semangat ya para pejuang PLN :-)
Akhirnya, saya …

PLN Part 3 ~Tes Potensi Akademik (TPA) & B.Inggris

Akhirnya Tes GAT terlewati, 2 jam di ruang uzian berhasil membuat sedikit agak bernafas lega dan otot-otot serta syaraf yang tegang rileks kembali.
Sebelum keluar dari ruangan, panitia sudah mengumumkan bahwa hasil tes akan diumumkan hari itu juga paling lambat sekitar pkl 20:00 wib. Dan bagi peserta yang lanjut dapat mengikuti tes kembali besok di ruangan yang sama.
Arghhh..leganya, alhamdulillah semua soal dapat saya jawab dan menyelesaikannya tepat waktu. Yah, meskipun agak sedikit ragu. Karena materi yang dikerjakan hanya sekitar 30% dari buku yang saya beli satu minggu yang lalu di Gramedia :-( Tapi wait..soal gak terlalu sulit kok, yang terpenting anda fokus dan jangan lupa berdo'a sebelum uzian :-) Selesai tes, saya shalat dulu karena belum sempat shalat zuhur tadi sebelum tes. Dan saya pulang...
Sesuai arahan panitia, saya mengecek website PLN untuk mengetahui hasil tes. Ternyata belum ada. Dan sekitar pkl 23:00 wib saya buka kembali, ternyata sudah ada pengumuman di sana…

PLN Part 2 ~Tes GAT

Akhirnya waktu yang dinanti tiba.
Ada 3 batch dalam satu hari untuk TES GAT. Batch I : 08:00, Batch II : 10:00 dan Batch III : 13:00
Karena saya dapat no urut 1533, maka saya mulai tes pkl 13:00 wib.
Lokasi tes diadakan di Aula Kampus Politeknik Medan.

Saya berangkat sekitar pkl 10:00 dari rumah, karena jarak rumah ke Polmed lumayan jauh dan bisa memakan waktu 1 1/2 sampai 2 jam kalau macet sekali. Belum lagi mau cari lokasi uzian, karena saya tidak tahu dimana letak aula yang dimaksud.
Untungnya saya punya teman masa SMP dulu yang kuliah disana.
Jadi, malamnya saya sudah BBM dia untuk menanyakan lokasi, naik angkot apa dan berhenti dimana. Untungnya walau lumayan lama di Purwakarta, saya tidak buta-buta kali lah tentang Medan. Hehehehe...

Saya tiba di polmed sekitar pkl 11:00.
Ternyata dugaan saya meleset, saya hanya menghabiskan waktu 1 jam di perjalanan. Karena hari itu tidak terlalu macet. Saya hampir nyasar, hehehe..karena berhenti di depan Sumber USU bukan di depan gerbang. Mun…

PLN Part 1 ~Test Administrasi

Saya tidak tahu pasti bagaimana penilaian untuk hasil tes administrasi. Kalau menurut saya yang terpenting semua persyaratan yang diminta PT PLN (Persero) itu lengkapi saja. Kecuali ada embel-embel "boleh menyusul ketika interview", mungkin masih aman ya. Satu hal lagi yang harus diingat, jangan coba-coba melamar kalau ada salah satu kriteria yang tidak terpenuhi. Seperti, jurusan yang diminta, IPK dan lain-lain. Karena nantinya sia-sia saja anda datang karena ujung-ujungnya pulang dengan kekecewaan.
Waktu itu saya mengantar lamaran pagi ke kantor pusat PLN yang di gelugur. Berhubung, saya harus mengejar waktu sampai di tempat kerja sekarang agar tidak terlambat. Untungnya saya masuk jam 09:00. Sehingga saya bisa ke PLN pkl 07:30. Waktu itu kurang lebih ada 4 orang yang sedang mengantri untuk di cek berkas lamarannya. Saya dapat no antrian ke 4, tidak lama kemudian masuk dua orang lagi mengantri.
Saatnya giliran saya, saya menyerahkan semua berkas ke panitia rekrutmen. Berk…

Perjalanan Panjang PT PLN (Persero)

Hello blogers, dah lamo indak basuo :-D
Kali ini saya pengen curhat sedikit tentang perjalanan panjang saya mengikuti tes di salah satu BUMN yang diincar anak negeri. Yah, walau ternyata di titik hampir final saya mendapatkan berita gak enak didengar karena pengumuman di tes ke 6 menuju tes terakhir nama saya sudah tidak ada dalam pengumuman *ambil tissu banyak-banyak, lemparkan* hahahaha ~ya sudahlah memang bukan rezeki saya tahun ini *Bangkit lagi* :-D

Jadi blogers buat anda-anda yang berminat mengadu nasib di perusahaan di atas. Ada baiknya anda persiapan dari jauh-jauh hari terutama di masalah kesehatan. Karena tes kesehatan PLN luaaaaarrrrrrr biasa angker men. Hahahah
Satu lagi nih blogs, anda harus kuat mental ya. Karena sistem tesnya GUGUR atau LANJUT.
Jadi buat anda yang belum kuat mentalnya, hati-hati takutnya patah semangat terus stress :-D

PLN itu ngadain banyak jenis rekrutmen tetapi berdasarkan informasi yang saya baca umumnya dua jenis. Pertama, kerjasama dengan kampus2 dan k…