Skip to main content

PLN Part 2 ~Tes GAT


Akhirnya waktu yang dinanti tiba.
Ada 3 batch dalam satu hari untuk TES GAT. Batch I : 08:00, Batch II : 10:00 dan Batch III : 13:00
Karena saya dapat no urut 1533, maka saya mulai tes pkl 13:00 wib.
Lokasi tes diadakan di Aula Kampus Politeknik Medan.

Saya berangkat sekitar pkl 10:00 dari rumah, karena jarak rumah ke Polmed lumayan jauh dan bisa memakan waktu 1 1/2 sampai 2 jam kalau macet sekali. Belum lagi mau cari lokasi uzian, karena saya tidak tahu dimana letak aula yang dimaksud.
Untungnya saya punya teman masa SMP dulu yang kuliah disana.
Jadi, malamnya saya sudah BBM dia untuk menanyakan lokasi, naik angkot apa dan berhenti dimana. Untungnya walau lumayan lama di Purwakarta, saya tidak buta-buta kali lah tentang Medan. Hehehehe...

Saya tiba di polmed sekitar pkl 11:00.
Ternyata dugaan saya meleset, saya hanya menghabiskan waktu 1 jam di perjalanan. Karena hari itu tidak terlalu macet. Saya hampir nyasar, hehehe..karena berhenti di depan Sumber USU bukan di depan gerbang. Mungkin masih kena sindrom masa SMA dulu, ingatnya mau ke fakultas sastra inggris aja. Hahaha
Akhirnya saya melanjutkan perjalanan dengan becak dan tibalah di Polmed.

Masyaallah, ternyata sudah penuh ribuan manusia disana karena takut terlambat. Hehehe
Dan sedihnya, saya seperti orang bego karena tidak punya teman. Sementara di kanan, kiri, depan dan belakang saya masing - masing dengan kubunya. Selentingan terdengar, pantas mereka saling kenal. Ternyata hampir 99% peserta adalah alumni Polmed :-D

Akhirnya saya berdiri di pojokan sambil lirik sana - lirik sini. Tidak lama kemudian, wanita berkacamata berjilbab hitam yang dari tadi melihati saya, akhirnya menghampiri saya. Kami pun kenalan, namanya Nisa dia mahasiswi teknik sipil politeknik di Aceh. Nisa jauh-jauh terbang dari Aceh ke Medan untuk mengadu nasib di BUMN dengan logo kuning itu. Saluuttt
Setelah bercerita, kami memutuskan mencari kantin dan mengisi perut kami. Kemudian, baru kami berangkat menuju Aula uzian.

Aula berada di lantai 5, dan untuk mencapai ke sana menggunakan tangga karena lift sedang dalam perbaikan. Ya allah..perjuangan teh bener-bener :-)
Seketika panitia mengizinkan kami masuk menuju aula via tangga. Tangga penuh dengan sesakan manusia siang itu. Gak bisa bergerak, untunglah sudah makan siang. Jika tidak, mungkin pingsan. Hahahaha

Akhirnya sampai juga di lantai 5. Alhamdulillah :-)
Sebelumnya panitia meminta kami mematikan HP dan meletaknya ke dalam tas. Kemudian panitia mengarahkan para peserta untuk duduk di bangku sesuai no urut di dalam pengumuman. Disini kondisi agak sedikit crowded ya, karena problemnya para peserta tes tidak menghapal no urut mereka. Maka panitia berusaha membantu mencari no urut di daftar pengumuman lewat hp mereka. Setelah mendapat kursi, kami diminta meletak semua barang - barang yang dibawa ke depan kecuali alat tulis dan KTP seperti yang tertera di dalam pengumuman.

Siang itu ada sekitar 562 orang yang akan berkompetisi mengadu nasib mereka yang berasal dari tiga jurusan, mesin, sipil dan manajemen. Suara mulai hening, panitia mulai mengambil posisinya. Pertama, panitia memberikan kartu peserta tes kepada masing-masing peserta, kemuidian kertas jawaban dan terakhir soal dalam keadaan tertutup. Kemudian mereka memberi instruksi apa yang harus diperhatikan ketika uzian berlangsung.

Mungkin teman blogers bertanya - tanya, sebenarnya apa sih Tes GAT itu?
Menurut informasi yang saya baca, Tes GAT atau General Apptitude Test adalah test IQ atau lebih dikenal dengan Test Intelegensi. Test ini meliputi, sinonim, antonim, padanan kata, deretmatika, aritmatika, logika dan beberapa jenis lainnya. Tergantung perusahaan yang mengadakan test.

Apa yang harus diperhatikan dalam test ini?
Kecepatan, Ketelitian dan Ketepatan.
Satu hal lagi, "Jangan GROGI", maka anda bisa buyar. Karena degupan jantung yang kencang dapat menyebabkan seseorang panik ketika menjawab soal apalagi setiap pilihan jawaban dirasa benar semua dan berhububungan.

Waktu itu, ada 3 jenis tes GAT yg disediakan oleh PLN dengan batas waktu yang ditentukan. Saya lupa ada berapa soal, kalau saya tidak salah antara 100 - 150 soal yang dikerjakan. Dengan bentuk soal pilihan berganda dan anda diminta menyilang huruf dari jawaban yang menurut anda tepat.
3 jenis tes GAT siang itu terdiri atas, "SIMILIAR, Aritmatika (Hitung-hitungan) dan saya lupa namanya. Hehehe..Yang saya ingat kita diberi 5 gambar yang dipecah-pecah dan gambar itu adalah sebuah rangkaian cerita. Kita diminta menyusunnya dengan mengurutkan angka dari masing-masing gambar menjadi cerita yang tepat dan logis"
Waktu pengerjaannya akan sama dengan semua peserta saat itu. Karena sebelum memulai panitia membuat aturan seperti berikut :
Pertama, ketika panitia bilang "mulai", maka kita bisa membuka lembaran soal pertama untuk dikerjakan. Kalau tidak salah, satu lembarannya ada 5-7 soal. Kedua, jika ada peserta yang sudah selesai mengerjakan soal di lembaran pertama, tidak dapat membalikkan lembar soal kedua sebelum ada aba-aba dari panitia "balik".
Maka bisa dipastikan semua peserta akan memulai dan mengakhiri dengan waktu yang sama :-)

Saran saya dalam mengerjakan Tes GAT ini, yaitu :
1. Persiapan
Jauh-jauh hari kalau bisa anda sudah persiapan untuk tes GAT. Bisa dengan membeli buku-buku soal BUMN di toko buku, searching atau download di internet dan berlatihlah sebanyak mungkin.
2. Fokus
Usahakan fokus fikiran anda ke soal dan aba-aba panitia
3. Berdoa
Usaha sudah? Jangan lupa berdo'a biar sang maha Pencipta melancarkan prosesnya. Aamiin

Kalau saya kemarin, saya optimis insya allah nama saya lulus di tes Administrasi. Jadi 1 minggu sebelum pengumuman, saya sudah searching di internet baca pengalaman peserta yang pernah ikut tes PLN, saya juga menyempatkan waktu membeli buku - buku di GRAMEDIA untuk saya pelajari sebelum tes.

Check this :-D

Oh ya satu lagi blogs, dalam pengerjaan soal Tes GAT. Tidak ada penilaian "minus" jika anda salah menjawab. So, usahakan semua soal diisi ya. Jangan sampai kosong, ini hanya masalah kecepatan.

Ok guys, see you di Test Selanjutnya :-)

Comments

  1. hay... Assalamualaikum ka citra...
    kenalkan nama saya Jania, saya dikit lagi sidang tugas akhir dan akan wisuda ... rencana nya saya mau ikut rekrutmen PLN .. saya baca blog ka citra saya jadi semangat belajar untuk lolos di adminitrasi PLN heheee
    doakan saya ya ka citra ^_^

    ReplyDelete
  2. Hari selasa nanti tea GAT PLN, semoga dri saran2 mbak Citra di atas bisa memberi semangat buat lolos. amin..

    ReplyDelete
  3. Janiarawati ujiannya tahap brp? Boleh minta pin BB. Cari temen buat test nanti biar ga sendiri. Hihihi
    Atau ga add line ku yah.. @tiarah24

    ReplyDelete
  4. assalamualaikum mba, bisa minta emailnay. sy mau nanya" seputar tes pln . soalnya sy bln dcember tesnya bru mulai. makasih sblmnya. wassalam

    ReplyDelete
  5. Terima kasih.. saya mahasiswa dari politeknik aceh yg insyallah akan menghadapi test GAT di pln medan tgl 8 november 2016 ini.. pengalaman kk menjadi motivasi buat saya.. sekali lagi terima kasih

    ReplyDelete
  6. Terima kasih.. saya mahasiswa dari politeknik aceh yg insyallah akan menghadapi test GAT di pln medan tgl 8 november 2016 ini.. pengalaman kk menjadi motivasi buat saya.. sekali lagi terima kasih

    ReplyDelete
  7. Tes aljabar nya ada gak kak? Aku besok tes dipadang tanggal 7 huhu

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

PLN Part 3 ~Tes Potensi Akademik (TPA) & B.Inggris

Akhirnya Tes GAT terlewati, 2 jam di ruang uzian berhasil membuat sedikit agak bernafas lega dan otot-otot serta syaraf yang tegang rileks kembali. Sebelum keluar dari ruangan, panitia sudah mengumumkan bahwa hasil tes akan diumumkan hari itu juga paling lambat sekitar pkl 20:00 wib. Dan bagi peserta yang lanjut dapat mengikuti tes kembali besok di ruangan yang sama. Arghhh..leganya, alhamdulillah semua soal dapat saya jawab dan menyelesaikannya tepat waktu. Yah, meskipun agak sedikit ragu. Karena materi yang dikerjakan hanya sekitar 30% dari buku yang saya beli satu minggu yang lalu di Gramedia :-( Tapi wait..soal gak terlalu sulit kok, yang terpenting anda fokus dan jangan lupa berdo'a sebelum uzian :-) Selesai tes, saya shalat dulu karena belum sempat shalat zuhur tadi sebelum tes. Dan saya pulang... Sesuai arahan panitia, saya mengecek website PLN untuk mengetahui hasil tes. Ternyata belum ada. Dan sekitar pkl 23:00 wib saya buka kembali, ternyata sudah ada

Cinta! GILA atau ANEH?

Saat ada yang jatuh cinta Mereka tertawa bahagia Seakan dunia adalah surga Tak jarang perbuatan gila melanda Mulai bergaya ala artis Tak jarang berpose bak selebritis Foto demi foto di upload dengan wajah manis Hanya demi menarik perhatian sang pujaan hati Tapi, saat ada yang patah hati Dunia seakan tak berarti Rasanya ingin bunuh diri Atau..mati saja saat ini! Muka mengucel, badan melesuh, semangat memudar Upload status tak lebih dari cacian dan makian Atau..bak manusia yang paling tak berarti di dunia Entahlah! Hanya si empunya yang tahu betapa kacaunya ia! Ada pula cinta diam... Yang mengagumi dalam diam Mencintai dengan diam Berdo'a menyeru namanya diam-diam Ada juga cinta umbar Semua perasaan di publish bak selebritis Setiap kata dirajut menjadi kalimat paling romantis Semua wajah di edit jadi foto-foto manis ~ Lalu, pernahkah terlintas di benak anda? Tatkala jatuh cinta kepada seseorang dan merasa bahagia, sebenarnya ada perasaan wanita lain yan

Eye Level

Keputusanku untuk kembali ke medan setelah wisuda, bulat sudah. Banyak hal yang sudah difikirkan masak-masak sebelum memutuskan. Bukan gampang! Meninggalkan posisi karier yg terbilang sudah cukup lumayan dari segi apapun. Tapi setiap perjalanan harus ada pengorbanan, don't be egoistic!!! Ada banyak pertimbangan meninggalkan semua rutinitas di Jawa dan hidup entah seperti apa di Medan. Ya, itulah yang ada di benakku tatkala itu. Pertama, keluarga Kini kami hanya tinggal berempat. Ayah adalah bapak dan ibu bagi kami. Rasanya tidak tega harus meninggalkan ayah dan dua adikku setelah ditinggal pergi mama. Mengurus ini dan itu seorang diri. Membereskan segala sesuatunya sendiri. Ya sih masih ada fanny yg dibilang sudah cukup dewasa. Tapi, aku mengenal betul watak fanny dari kecil. Fanny bukan typikal orang yg care abis sama rumah. Care sih tapi gak pakai banget. Belum lagi si Raisya, masih terlalu kecil untuk harus memahami semua ini. Dia akan merasa kesepian karena hanya memiliki