Skip to main content

KARTU - KARTU MIMPI

Pernah dengar gak, katanya kalau kita punya mimpi atau cita-cita harus ditulis. Sadar atau tidak, satu per satu mimpi kita bakal menjadi nyata. Saya sering sekali mendengar kalimat itu. Percaya atau tidaknya, yah..so far so nice :-)
Pertama kali mendengar kalimat ini --> "Kalau punya mimpi/cita-cita harus ditulis". Ketika saya beralih dari siswi menjadi mahasiswi. Ada seorang dosen memberi tugas untuk membuat statement-statement dalam sebuah kertas tentang "Siapa Anda" 10 tahun mendatang. Ini cukup unik, menarik dan gokil :-D
Dan saya beserta teman-teman membuat tugas sang dosen tersebut. Tak hanya beliau, hampir seluruh dosen berkata hal sama di kelas. Bahkan ketika saya mengikuti training dari kantor, sang trainer juga berkata demikian (mimpi/cita-cita harus ditulis). Percaya atau tidak, hal itu cukup membuat saya penasaran ^__^

Saya pun mulai menulis mimpi/cita-cita/harapan saya dalam jangka waktu panjang. Saya tulis setiap statement dengan tegas di sebuah kertas dan menempelkannya pada cermin lemari rias. Sehingga setiap saya bercermin, tanpa sengaja saya membaca tulisan-tulisan khayalan tingkat tinggi saya itu sambil senyum-senyum sendiri. Hehehe....
Penasaran??? Let see...













Gak terlalu kelihatan ya??? Hihihi...sengaja
Sempat putus asa sih ya, soalnya kok belum ada yg nyata? Hahaha.... Gimana mau nyata coba, wong first statement nya aja tahun 2014. *Ya udah, tunggu sampai tahun 2014 deh :-D


IDE DARI SEBUAH KALENDER
Beberapa minggu lalu, sabtu-minggu libur panjang. Karena perkuliahan ganti semester, iseng-iseng saya tulis mimpi/cita-cita/harapan yang ingin dicapai di awal tahun 2013. Asal muasalnya sih gara-gara saya ikutan kuis "Vemale.Com" menulis APA RESOLUSIMU DI TAHUN 2013. Dan karena itu, saya tulis balik di sebuah buku sambil menghilangkan penat liburan yang membosankan :-(

Karena keisengan menulis di buku, keisengan saya pun mulai menjadi-jadi. Hehehe....
Beres-beresin kamar dari tumpukan-tumpukan barang yang gak berguna, saya ketemu kalender bekas (tahun 2012). Ada dua buah kalender ternyata masih bertengger rapi diatas meja dengan dua versi berbeda. Yang satu bentuknya persegi panjang (dari kampus) dan satu lagi kalender duduk (dari kantor). Kalender dari kantor cukup unik, sayang kalau dibuang. Tapi kalau gak dibuang, hanya menjadi sampah di kamar saya. Hmmm, kita buat apa ya ini kalender?

Dan tanpa sengaja, sebuah IDE pun tercipta :-)
Bagaimana kalau dibuat 'KARTU-KARTU MIMPI' saja, sepertinya cukup menarik.
Dan aksi pun dimulai...
Pertama : Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan

Kalender persegi panjang
Kalender Duduk
                                                                              



Gunting, isolatip (slasiban plastik), pulpen hitam dan pulpen warna.





Cara membuat :

1. Gunting bagian atas (yang menjadi header) kalender persegi panjang, agar rapi.
2. Copot kertas warna - warni dari kalender duduk yang berada di sisi kanan kalender. Jika anda tidak memiliki kalender duduk, bisa menggantinya dengan kertas origami atau kertas putih polos biasa sebanyak hitungan bulan dalam setahun (12 buah). Dan guntinglah kertas-kertas tersebut sesuai bentuk yg anda suka. *saya memilih bentuk segi enam ^__^
3. Gunting nama-nama bulan (Januari,Februari dll) pada kalender anda. Ingat!!! Hanya nama bulan :-D
4. Tempelkan nama-nama bulan pada masing-masing kertas yg telah anda bentuk dengan sebuah isolatip (slasiban plastik). Boleh juga menggunakan perekat lainnya,seperti lem.
5. Jika semua kertas telah ditempel nama-nama bulan, rekatkan pada kalender persegi panjang dengan isolatip atau lem sesuai pola yg anda suka. *Saya memilih pola 4-3 (4 ke samping dan 3 ke bawah, sehingga pas 12 kartu). Dikarenakan ukuran kalender persegi panjang yg terlalu minim.
6. Setelah semua kartu-kartu menempel pada kalender persegi panjang, rekatkan kalender persegi panjang tersebut dengan isolatip pada tiap sisinya (total 4 sisi). Kemudian tempel di area yg anda suka untuk melihatnya. Contoh : Saya menempelnya di dinding kamar, sehingga selalu dibaca jika ingin tidur :-)
7. Dan kini, kartu-kartu mimpi anda telah selesai. Dan anda bisa menuliskan apapun yang anda mimpikan untuk dicapai setiap bulannya. Ingat!!! Jangan lupa coret setiap statement yg telah tercapai dan pindahkan ke bulan berikutnya, jika di bulan pertama statement yg lain belum tercapai. Ini adalah cara agar anda lebih fokus pada setiap statement mimpi yg anda tulis pada kartu-kartu mimp tersebut. 
Jangan putus asa jika gagal, yakinlah anda bisa :-)
8. Terakhir, anda bisa menambahkan pernak - pernik lainnya. Seperti saya yg menambahkan foto masa kecil saya dan sebuah kertas berbentuk love dengan tulisan "I LOVE MY PARENT" di sisi kanan dan kiri. Serta sebuah judul DREAMER CARDS IN 2013, tepat di atasnya.

Seperti ini...















 


Saya telah mencoret 2 statement di bulan Januari, karena alhamdulillah tercapai :-)
1. Punya dana untuk pembayaran kuliah di bulan Januari Rp 2.000.000-, dengan hasil kerja sendiri tanpa minta bantuan siapapun.
2. Kontrak kerja di perpanjang 1 tahun, yah...walau ternyata cuma 1/2 tahun. But, no problem ^__^
Dan masih ada beberapa statement lagi yg belum tahu nasibnya, hihi...

Ok, selamat mencoba... semoga beruntung...
Boleh percaya,boleh tidak. Positifnya : Daripada anda membuang kalender2 bekas ke tempat sampah, lebih baik menjadikannya lebih berarti ^__^



-Human just make a plane, because God almighty determine. But,.it's not mean that we stop for trying and dreaming- CArDi

Comments

Popular posts from this blog

PLN Part 3 ~Tes Potensi Akademik (TPA) & B.Inggris

Akhirnya Tes GAT terlewati, 2 jam di ruang uzian berhasil membuat sedikit agak bernafas lega dan otot-otot serta syaraf yang tegang rileks kembali. Sebelum keluar dari ruangan, panitia sudah mengumumkan bahwa hasil tes akan diumumkan hari itu juga paling lambat sekitar pkl 20:00 wib. Dan bagi peserta yang lanjut dapat mengikuti tes kembali besok di ruangan yang sama. Arghhh..leganya, alhamdulillah semua soal dapat saya jawab dan menyelesaikannya tepat waktu. Yah, meskipun agak sedikit ragu. Karena materi yang dikerjakan hanya sekitar 30% dari buku yang saya beli satu minggu yang lalu di Gramedia :-( Tapi wait..soal gak terlalu sulit kok, yang terpenting anda fokus dan jangan lupa berdo'a sebelum uzian :-) Selesai tes, saya shalat dulu karena belum sempat shalat zuhur tadi sebelum tes. Dan saya pulang... Sesuai arahan panitia, saya mengecek website PLN untuk mengetahui hasil tes. Ternyata belum ada. Dan sekitar pkl 23:00 wib saya buka kembali, ternyata sudah ada

Cinta! GILA atau ANEH?

Saat ada yang jatuh cinta Mereka tertawa bahagia Seakan dunia adalah surga Tak jarang perbuatan gila melanda Mulai bergaya ala artis Tak jarang berpose bak selebritis Foto demi foto di upload dengan wajah manis Hanya demi menarik perhatian sang pujaan hati Tapi, saat ada yang patah hati Dunia seakan tak berarti Rasanya ingin bunuh diri Atau..mati saja saat ini! Muka mengucel, badan melesuh, semangat memudar Upload status tak lebih dari cacian dan makian Atau..bak manusia yang paling tak berarti di dunia Entahlah! Hanya si empunya yang tahu betapa kacaunya ia! Ada pula cinta diam... Yang mengagumi dalam diam Mencintai dengan diam Berdo'a menyeru namanya diam-diam Ada juga cinta umbar Semua perasaan di publish bak selebritis Setiap kata dirajut menjadi kalimat paling romantis Semua wajah di edit jadi foto-foto manis ~ Lalu, pernahkah terlintas di benak anda? Tatkala jatuh cinta kepada seseorang dan merasa bahagia, sebenarnya ada perasaan wanita lain yan

Eye Level

Keputusanku untuk kembali ke medan setelah wisuda, bulat sudah. Banyak hal yang sudah difikirkan masak-masak sebelum memutuskan. Bukan gampang! Meninggalkan posisi karier yg terbilang sudah cukup lumayan dari segi apapun. Tapi setiap perjalanan harus ada pengorbanan, don't be egoistic!!! Ada banyak pertimbangan meninggalkan semua rutinitas di Jawa dan hidup entah seperti apa di Medan. Ya, itulah yang ada di benakku tatkala itu. Pertama, keluarga Kini kami hanya tinggal berempat. Ayah adalah bapak dan ibu bagi kami. Rasanya tidak tega harus meninggalkan ayah dan dua adikku setelah ditinggal pergi mama. Mengurus ini dan itu seorang diri. Membereskan segala sesuatunya sendiri. Ya sih masih ada fanny yg dibilang sudah cukup dewasa. Tapi, aku mengenal betul watak fanny dari kecil. Fanny bukan typikal orang yg care abis sama rumah. Care sih tapi gak pakai banget. Belum lagi si Raisya, masih terlalu kecil untuk harus memahami semua ini. Dia akan merasa kesepian karena hanya memiliki