Skip to main content

PLN Part 3 ~Tes Potensi Akademik (TPA) & B.Inggris


Akhirnya Tes GAT terlewati, 2 jam di ruang uzian berhasil membuat sedikit agak bernafas lega dan otot-otot serta syaraf yang tegang rileks kembali.

Sebelum keluar dari ruangan, panitia sudah mengumumkan bahwa hasil tes akan diumumkan hari itu juga paling lambat sekitar pkl 20:00 wib. Dan bagi peserta yang lanjut dapat mengikuti tes kembali besok di ruangan yang sama.

Arghhh..leganya, alhamdulillah semua soal dapat saya jawab dan menyelesaikannya tepat waktu. Yah, meskipun agak sedikit ragu. Karena materi yang dikerjakan hanya sekitar 30% dari buku yang saya beli satu minggu yang lalu di Gramedia :-(
Tapi wait..soal gak terlalu sulit kok, yang terpenting anda fokus dan jangan lupa berdo'a sebelum uzian :-)
Selesai tes, saya shalat dulu karena belum sempat shalat zuhur tadi sebelum tes. Dan saya pulang...

Sesuai arahan panitia, saya mengecek website PLN untuk mengetahui hasil tes. Ternyata belum ada. Dan sekitar pkl 23:00 wib saya buka kembali, ternyata sudah ada pengumuman di sana. Dag..dig..dug..serrr. Saya pun mendownload hasil pengumuman via hp. Alhamdulillah, ternyata nama saya masih nyangkut diantara 843 peserta yang dinyatakan lulus. Itu artinya, ada 847 peserta yang gagal untuk melanjut termasuk nisa teman yang saya temu di hari pertama*semangat yaaa nisa :-)

Saya sempat bingung mau belajar apa dalam sisa waktu yang dimiliki untuk lanjut uzian besok. Untungnya saya sudah searching, menurut informasi yang saya baca untuk soal TPA di PLN itu adalah soal sesuai jurusan anda pada saat melamar dan untuk soal Bahasa Inggris pertajam saja di Grammer dan Vocabullary. Karena saya melamar posisi Adm jurusan Manajemen, berarti saya harus mengulang kembali materi kuliah Manajemen saya dan begitu juga untuk bahasa Inggris.


Hari kedua tes...
Ini hari adalah hari kedua juga saya bolos kerja demi mengadu nasib di PLN. Hahahaha
Saya dapat jadwal uzian siang hari selepas sholat Juma't. 
Hari itu tidak terlalu padat manusia seperti hari pertama. Dan tepat pkl 14:00 wib, kami memasuki ruangan tes. Ruang uzian sama seperti semalam, hanya saja saya duduk lebih maju dari hari pertama. Tes hari itu dibagi dua batch, untuk S1 di batch I pkl 09:00 wib dan untuk D3 di BatchII pkl 14:00 wib. 
Kali ini suasana tidak terlalu crowded dan panitia pun tidak kewalahan untuk mengatur kami. Kami hanya diminta menunjukkan kartu tes yang diberi semalam beserta KTP dan menandatangani kolom untuk tes lanjutan yang dilalui. Kemudian masuk ke ruangan tes.

Hari itu, tes pertama dibuka dengan soal Bahasa Inggris dengan waktu 1 jam kemudian dilanjut TPA dengan waktu 1 jam juga. Aturan main berbeda dengan tes pertama, panitia memberikan arahan untuk tes kedua sbb :
Pertama, dua soal dibagi dalam dua sesi. Sesi pertama, bahasa inggris dengan waktu 1 jam dan jika waktu habis, soal dikumpulkan. Untuk lembar jawaban tidak, karena akan dilanjut TPA di lembar jawaban yang sama. Untuk TPA waktunya juga sama hanya 60 menit.
Kedua, soal benar akan ditambah 4 dan jika salah minus 1.

Seingat saya, ada 100 soal yang harus dijawab. 50 soal Bahasa Inggris, mulai no 51-100 dan untuk TPA dimulai dari no 1-50. Hati-hati dalam pengerjaan ya blogs, karena kita memulai dengan soal B.Inggris, itu artinya kita memulai di soal no 51 bukan no 1. Be carrefull guys
Soal masih dalam bentuk pilihan berganda. Untuk soal Bahasa Inggris, kebanyakan main ideas, synonym, tenses, reading dan vocabullary yang lumayan kosa katanya banyak yang asing di dengar. Hehehe..mungkin karena saya bukan anak sastra Inggris, jadi saya bilang asing di dengar. Haha
Sedangkan untuk soal TPA Manajemen hari itu agak sedit bikin mau muntah, puyeng dan muter-muter setelah mengerjakannya. Hihihi
Saya banyak mengulang teori di Manajemen, tokoh2 manajemen, definisi manajemen, hirarki manajemen, filosofi. But do you know??? Ternyata soal yang harus diselesaikan "Manajemen Operasi" dengan hitungan semua, hanya 10% teori. Hahahaha *claps your hands and jleb -___-
Untunglah akuntansi saya gak lupa2 amat, saya juga sempat membaca manajemen operasi masalah %upah, persediaan barang pokok, biaya produksi dan jenisnya. Hahaha
Dan 100 soal yah sekitar 80 - 85% bisalah saya selesaikan.

Tips dan trik untuk mengerjakan soal ini :
1. Persiapan
Lagi - lagi saya harus katakan bahwa persiapan andalah yang utama. Yah, walaupun bisa diselesaikan dengan SKS alias Sistem Kebut Semalaman. Tapi itu tidak menjamin kecuali anda punya daya ingat yang cukup tinggi tentang materi2 kuliah dulu. Ok, its no problem for SKS 
2. Jangan Begadang
Usahakan anda istirahat yah walau 4-5 jam, setidaknya otak kita dapat beristirahat tidak terlalu di press untuk belajar
3. Fokus
Selama mengerjakan soal usahakan fokus, gak usah lirik kanan-kiri. Anggap anda hanya sendiri di ruangan. Dan tetap tenang! Kontrol detak jantung anda jangan sampai anda buyar dan tidak fokus.
4. Pakai Trik
Karena soal jika dijawab benar +4 dan jika salah -1 serta tidak menjawab 0. Usahakan jawab yang benar-benar anda tahu, yang tidak pernah anda tahu atau dengar, kosongkan. Jangan dijawab jika ragu. Karena kebanyakan minus akan merusak nilai tes anda. Waktu itu untuk soal B.Inggris lumayan banyak yang saya tidak tahu karena ragu tidak saya jawab. Begitu juga Manajemen. Dari 100 soal, da sekitar 15-20 soal yang tidak saya jawab.
5. Berdoa
Mau bagaimanapun pintarnya anda, jangan over confident. Karena kita tidak pernah tahu nasib. So, jangan lupa berdo'a di tiap kesempatan. Agar dimudahkan dan dilancarkan. Aamiin

Bagaimana hasil tes saya?
Tunggu kelanjutan posting :-D

Comments

  1. Replies
    1. Iya, tapi saya udah gagal di tes laboratorium & penunjang...

      Delete
    2. Sist, itu gak ada ya tes bahasa inggrisnya Listening?

      Delete
    3. Zaman saya (2015) tidak ada, zaman sebelum saya ada. Terimakasih sudah berkunjung :-)

      Delete
    4. This comment has been removed by the author.

      Delete
    5. Haloooo kak assalamualaikum
      kemaren tes fisik disuruh ngapai ya kaj ?

      Terus kemaren kakak tes gat sama akding nya dimana kak ?

      Delete
    6. Waalaikumsalam
      Thanks sudah berkunjung, untuk tes fisik coba lihat di part 5 kamu lihat di pojok kiri ada tips dan tricks. Buka itu, ntar scroll down aja ya.

      Saya di medan dek :-)

      Delete
    7. cit mau tanya dong gambaran soal manajemen nya gmn ya?

      Delete
  2. Replies
    1. Sama-sama, semoga bermanfaat :-)

      Delete
    2. Luar biasa pengalaman anda, terima kasih udh memberikan info penting ini

      Delete
    3. Terimakasih kembali sudah berkunjung

      Delete
  3. citra.... test Lab itu ada di seleksi yang mana ya? di bagian tes kesehatan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kesehatan bagian dua. Bisa dibaca disini mbak http://ardinicitra.blogspot.co.id/2015/09/pln-part-6-tes-laboratorium-penunjang.html

      Delete
  4. Sis itu tes akademik soalnya sesuai jurusan yah? Aku jurusan akuntansi, soalnya brti ttg akuntansi jga gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, TPA nya sesuai jurusan. Lebih kurang seperti itu, perkuat aja akuntansinya. Terima kasih sudah berkunjung, sukses ya :-)

      Delete
  5. Kak...aku ada tes GPA pln..sharing dong soal tes GPA nya gimana???
    Thanks 😃

    ReplyDelete
    Replies
    1. TPA itu sesuai jurusan, kamu jurusan apa? Ulang2 aja materi kuliah dulu. Terimakasih sudah berkunjung :-)

      Delete
    2. TPA itu sesuai jurusan, kamu jurusan apa? Ulang2 aja materi kuliah dulu. Terimakasih sudah berkunjung :-)

      Delete
    3. jawaban untuk TPA pilihan ganda kah? tks

      Delete
  6. citra.. salam kenal

    boleh tau spesifik contoh soal untuk akding manajemennya ?
    kebetulan 2 minggu lagi saya ujian

    makasih

    ReplyDelete
  7. citra.. salam kenal

    boleh tau spesifik contoh soal untuk akding manajemennya ?
    kebetulan 2 minggu lagi saya ujian

    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal kembali ferdinan...
      Untuk spesifik soal kebetulan saya tidak punya, karena sepertinya mereka punya standar soal tersendiri. Makanya saya gak share disini, sulit digambarkan. Intinya untuk soal TPA nya, ulang2i kembali materi kuliah Manajemen dulu. Mulai dari yg teori sampai hitungan, akuntansinya juga lumayan ada. Lebih banyak materi di manajemen operasional dan perencanaan SDM. Kamu D3 atau S1? Untuk b.ing bisa dibilang standar TOEFL lah. Ow, lokasi ujian dimana? Sukses ya..terimakasih sudah berkunjung:-)

      Delete
    2. wah, akuntansi ada juga ya ?
      gimana akuntansinya, sekedar jurnal dasar atau hitung hitungan ?

      ujian di jakarta. ternyata diundur tanggal 9 februari.
      aku s1. apa beda ya soal s1 dan d 3 ?

      makasih juga responnya cit

      Delete
    3. wah, akuntansi ada juga ya ?
      gimana akuntansinya, sekedar jurnal dasar atau hitung hitungan ?

      ujian di jakarta. ternyata diundur tanggal 9 februari.
      aku s1. apa beda ya soal s1 dan d 3 ?

      makasih juga responnya cit

      Delete
    4. Ada, dasar kok. Kebanyakan manajemen tapi yang operasional.

      Iya, semua kota non teknik 9 feb ini. Kurang tahu juga bedanya apa. Yang penting fokus sama jurusan yg diambil saja.

      Ok, sama-sama.
      Sukses ya

      Delete
  8. Hai mba citra, salam kenal ya. Mba bisa minta tolong kalo masih inget soal-soal TPA manajemen lebih dibagi lagi dong. Makasih sebelumnya ☺

    ReplyDelete
  9. Hai mba citra, salam kenal ya. Mba bisa minta tolong kalo masih inget soal-soal TPA manajemen lebih dibagi lagi dong. Makasih sebelumnya ☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. Spesifik soalnya kebetulan saya gak punya, mbak D3 atau S1? Karena setahu saya beda soal D3 dengan S1. Mereka punya standar sendiri. Saya D3 dan kemarin soal manajemen lebih banyak di materi manajemen itu sendiri,lebih ke produksi dan perencanaan SDM gitu. Lokasi tes dimana? Terimakasih ya sudah berkunjung:-)

      Delete
    2. Spesifik soalnya kebetulan saya gak punya, mbak D3 atau S1? Karena setahu saya beda soal D3 dengan S1. Mereka punya standar sendiri. Saya D3 dan kemarin soal manajemen lebih banyak di materi manajemen itu sendiri,lebih ke produksi dan perencanaan SDM gitu. Lokasi tes dimana? Terimakasih ya sudah berkunjung:-)

      Delete
  10. Assalamualaikum, salam kenal mbak citra
    mbak saya mau nanyak tentang soal tes GAT, itu contoh soalnya gmana ya ? maksih mbak.

    ReplyDelete
  11. Assalamualaikum, salam kenal mbak citra.
    mbak saya mau nanyak tentang soal tes GAT, itu contoh soalnya gmananya ? makash mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam, salam kenal kembali.
      GAT itu pada dasarnya psikotest dasar, banyak2 latihan aja mbak. Saya kemarin belajar dari buku2 contoh tes psikotes BUMN. Atau bisa dilihat di google contoh tes psikotes dasarnya. Itu terdiri atas antonim, sinonim, analogi, aritmatika dan deret, ruang kubus

      Delete
  12. Wah,saya juga akan test minggu depan.

    ReplyDelete
  13. saya test di jakarta, sama dengan Ferdinan Sihombing dan Roni Siagian.
    Tanggal 9

    ReplyDelete
  14. Kak cit accep twiter ku dong @johnjellytobing mau cakap cakap tentang tes akademik pln

    ReplyDelete
  15. Kak cit accep twiter ku dong @johnjellytobing mau cakap cakap tentang tes akademik pln

    ReplyDelete
  16. Kak cit accep twiter ku dong @johnjellytobing mau cakap cakap tentang tes akademik pln

    ReplyDelete
  17. Kak cit accep twiter ku dong @johnjellytobing mau cakap cakap tentang tes akademik pln

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai john sudah saya accept, saya baru baca koment ini. Sorry ya :-)

      Delete
  18. Baru selese ujian GAT nih, tinggal nggu hasil ny ntar mlm , mdh"an d beri hasil yang baik. Aamiin

    ReplyDelete
  19. Contoh soal tes akademik pln nya ada nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akademik itu sesuai jurusan masing2 mbak, saya gak punya..bingung share nya. Karena mereka punya standard soal sendiri. Intinya mah belajar lagi buka lagi buku2 waktu kuliah dulu. Sukses ya

      Delete
  20. Kk citra,,penilaian di tes akding ada pengaruh gk? Misal kita salah nilai dikurangi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada dek. Salah minus 1, benar +4, tidak menjawab 0. Jadi harus jeli ya :-)

      Delete
    2. Ada dek. Salah minus 1, benar +4, tidak menjawab 0. Jadi harus jeli ya :-)

      Delete
  21. mb citra mw tanya untuk soal akdingnya itu esai atau pilihan ganda semua.makasii sblm nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk akding pilihan berganda semua mbak, cuma berlaku aturan main. Salah -1, benar +4 dan tidak menjawab 0. Jadi harus pintar2 ya. Kalau essai, GAT ada essai nya yg sekarang. Sukses ya :-)

      Delete
  22. Kk citra thanks yaa atas share nya
    Besok saya akan ujian Tes Potensi Akademik sama Tes B. Inggris nya
    Mohon doa nya juga yaa kk citra

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin..sukses juga ya. Semoga lanjut ke tahap berikutnya. Semangat!!!
      Terimakasih sudah berkunjung

      Delete
  23. Kk citra thanks yaa atas share nya
    Besok saya akan ujian Tes Potensi Akademik sama Tes B. Inggris nya
    Mohon doa nya juga yaa kk citra

    ReplyDelete
  24. mba citra soal akademiknya ga ada yg bersangkutan dgn pln kah?? apa hanya pelajaran pas kuliah aja ,aku dibidang manajemen,

    ReplyDelete
  25. trz soal akademik manajemen apa aja mba lebih banyak manjemen apa mba?

    ReplyDelete
  26. Hai Citra, salam kenal :)
    Tadi sore pengumuman hasil tes fisik dan ternyata langkah saya pun harus terhenti. Aduh kok nyesek, ya :') *curhat*
    By the way saya baca blog kamu dari sebelum tes GAT dan sekarang saya mampir kembali hehe. Sukses selalu, Citra. Saya suka tulisan-tulisan kamu :)

    ReplyDelete
  27. Hai Rahman, salam kenal kembali..Sebelumnya terimakasih atas kunjungannya. Hehehe, sukses ya. Insya allah lain waktu di PLN rezekinya. Atau ada rezeki lain yg menanti, yg penting tetap semangat tes2 di tempat2 lain. Saya juga belum lulus lagi yg tahun ini, yah mungkin memang gak jodoh :-) Sukses juga ya. Oh, terimakasih...

    ReplyDelete
  28. Mantap postingannya, mohon doanya semuanya semoga saya bisa lolos tes penerimaan PLN kali ini :) Thanks.

    ReplyDelete
  29. asalamualaikum bak citra,klo tes kesehata d periksa gigi gak,mohon penjelasan y bak

    ReplyDelete
  30. Assalamualaikum.wr.wb
    Maaf mbg sblum.a saya mau bertanya mbg. Kan saya baru selesai tes fisik trus yang mau saya tanyakan apa bla lulus untk penempatan tes akademik.a dimana mbg apakh tes.a ditempat yang sama apakah ditempat lain mbg.

    ReplyDelete
  31. Assalamualaikum.wr.wb
    Maaf mbg sblum.a saya mau bertanya mbg. Kan saya baru selesai tes fisik trus yang mau saya tanyakan apa bla lulus untk penempatan tes akademik.a dimana mbg apakh tes.a ditempat yang sama apakah ditempat lain mbg.

    ReplyDelete
  32. Mbak, mau tanya nomer pesertanya itu dpt darimana ya? Aku sudah mau tes akademik kan, nah itu persyaratannya membawa kartu peserta, tp aku gak tau dmn bsa ada nomer peserta?

    ReplyDelete
  33. Nanti di kirim via email kak .. Aku juga besok kamis tes akademik di Jogja .. Sukses kak :)

    ReplyDelete
  34. Nanti di kirim via email kak .. Aku juga besok kamis tes akademik di Jogja .. Sukses kak :)

    ReplyDelete
  35. kak saya mau tanya wkt dapet kartu peserta, di email atau di print ketika kita sampai ke tempat tes kalau wkt kakak tes dlu

    ReplyDelete
  36. stevendidit20@gmail.com gan ane minta soal inggris gan :D

    ReplyDelete
  37. Saya besok tes akding hehe. Mohon doanya mbak citra. Makasih info2nya.

    ReplyDelete
  38. Sist test kesehatan labor nya ada test keperawanan gak untuk cewek

    ReplyDelete
  39. Saya besok tes akding online di Medan, deg deg

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cinta! GILA atau ANEH?

Saat ada yang jatuh cinta Mereka tertawa bahagia Seakan dunia adalah surga Tak jarang perbuatan gila melanda Mulai bergaya ala artis Tak jarang berpose bak selebritis Foto demi foto di upload dengan wajah manis Hanya demi menarik perhatian sang pujaan hati Tapi, saat ada yang patah hati Dunia seakan tak berarti Rasanya ingin bunuh diri Atau..mati saja saat ini! Muka mengucel, badan melesuh, semangat memudar Upload status tak lebih dari cacian dan makian Atau..bak manusia yang paling tak berarti di dunia Entahlah! Hanya si empunya yang tahu betapa kacaunya ia! Ada pula cinta diam... Yang mengagumi dalam diam Mencintai dengan diam Berdo'a menyeru namanya diam-diam Ada juga cinta umbar Semua perasaan di publish bak selebritis Setiap kata dirajut menjadi kalimat paling romantis Semua wajah di edit jadi foto-foto manis ~ Lalu, pernahkah terlintas di benak anda? Tatkala jatuh cinta kepada seseorang dan merasa bahagia, sebenarnya ada perasaan wanita lain yan

Eye Level

Keputusanku untuk kembali ke medan setelah wisuda, bulat sudah. Banyak hal yang sudah difikirkan masak-masak sebelum memutuskan. Bukan gampang! Meninggalkan posisi karier yg terbilang sudah cukup lumayan dari segi apapun. Tapi setiap perjalanan harus ada pengorbanan, don't be egoistic!!! Ada banyak pertimbangan meninggalkan semua rutinitas di Jawa dan hidup entah seperti apa di Medan. Ya, itulah yang ada di benakku tatkala itu. Pertama, keluarga Kini kami hanya tinggal berempat. Ayah adalah bapak dan ibu bagi kami. Rasanya tidak tega harus meninggalkan ayah dan dua adikku setelah ditinggal pergi mama. Mengurus ini dan itu seorang diri. Membereskan segala sesuatunya sendiri. Ya sih masih ada fanny yg dibilang sudah cukup dewasa. Tapi, aku mengenal betul watak fanny dari kecil. Fanny bukan typikal orang yg care abis sama rumah. Care sih tapi gak pakai banget. Belum lagi si Raisya, masih terlalu kecil untuk harus memahami semua ini. Dia akan merasa kesepian karena hanya memiliki