Skip to main content

CINTA JADUL VS CINTA MASA KINI

Pagi blogers... masih semangat kan baca tulisan saya? *perasaan ada yg baca :-D
Semangat dong! Hahaha :-)
Melihat siaran di TV yg masih booming tentang film "Ainun & Habibie", saya terinspirasi menulis hari ini :-)
Kita gak bicara masalah politik nya, tetapi kita akan share masalah percintaan mereka. 
By the way, udah pada nonton filmnya kan? Kalau udah nonton, udah tahu dong ceritanya ^__^
Kalau belum, ada sinopsisnya di SINI

Setelah melihat film itu, saya pikir film ini cukup bagus untuk dijadikan contoh untuk anak-anak masa sekarang. Banyak pesan moral yg begitu baik untuk dicontoh. Melihat film tersebut, pernahkah terlintas dalam benak anda atau sekedar berpikir "Pesan apa yg ingin disampaikan dalam percintaan Pak Habibie & Ibu Ainun?".
Setelah mendekam dalam bioskop yg memakan waktu saya hampir dua jam setengah untuk menikmatinya, dengan ending bercucuran air mata para penontonnya, hehehe... Saya menyadari begitu indah kisah percintaan Pak Habibie & Ibu Ainun ini. Asli dan tanpa rekayasa. Beliau bercerita tentang masa pertemanan mereka, kemudian berpisah demi cita-cita masing-masing dan akhirnya kembali lagi dan berujung dengan Ibu Ainun menjadi istri Pak Habibie. Tidak ada romantis-romantisnya film ini, karena tidak ada cerita semasa mereka pacaran (Read: Mereka tidak pernah pacaran, tetapi menikah) 
Atau seperti adegan ciuman yg hampir ditontonkan pada seluruh film di stasiun TV tanpa batasan umur sekarang ini, maupun adegan-adegan yg gak seharusnya ditampilkan. Tetapi walaupun demikian, film ini begitu romantis bagi para penontonnya. Kenapa? Karena kisah cinta mereka yg penuh energi positif mampu memberikan energi lain kepada para penontonnya, sehingga tanpa disadari ada yg menangis (Read: rata-rata kaum wanita. Hehehe ) ada juga yg punya harapan besar, seperti statement :
Wanita : "Seandainya saya punya pacar atau suami layaknya Pak Habibie"
Pria : "Coba saja pacar saya atau istri saya adalah Ibu Ainun"
Satement-statement tersebut adalah statement positif yg mengalir terucap secara tiba-tiba tanpa disadari. Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Karena masa-masa sekarang ini menemukan sosok layaknya Pak Habibie atau Ibu Ainun sangat-sangat sulit, kalaupun ada hanya 1% dari 99% penghuni muka bumi ini. Tetapi mereka ada, siapa???
Ibu dan Bapak (orang tua) kita sendiri, mereka adalah cerminan contoh percintaan masa lalu. Karena mereka hidup di jaman Pak Habibie & Ibu Ainun. 

Coba sekali-sekali kalian bertanya kepada mereka di waktu senggang, untuk menceritakan bagaimana kisah cinta mereka sebelum akhirnya menikah dan melahirkan anak-anak seperti anda, saya atau kita semua. Mereka tidak akan segan-segan untuk bercerita sejarah percintaan mereka, mereka tidak malu bahkan ada rasa takut ketika berbagi ceritanya. Dan ketika bercerita, mereka akan tersenyum simpul bahkan tertawa karena ingat begitu romantis dan bahagianya sejarah percintaan itu. Inilah yg membuat awet hubungan mereka hingga anak-cucu dan hanya kematian yg memisahkan. 

Sekarang, coba anda amati dengan "kisah percintaan anak sekarang"? Saya tidak akan berbicara lebih mendetail, karena saya pikir setiap orang punya cara berpikir berbeda. Saya begitu prihatin dengan anak-anak sekarang, mengapa? Karena melihat ketika PERNIKAHAN yg jelas-jelas sesuatu yg sakral dianggap "bukan apa-apa (bahkan tidak sakral)". Buruk-buruknya, "jika sudah tidak ada kecocokan lagi, kan bisa bercerai?" Inilah yg saya amati di masa sekarang, seperti "masa perkenalan saja (orang2 mengatakan 'masa pacaran'). Dimana suatu waktu sudah tidak ada kecocokan, maka "putus" lah jalan keluar terbaik. Kalau masa pacaran sih bukan masalah, karena tidak ada ikatan yg resmi bahkan perjanjian dengan Tuhan. Tetapi, jika sudah memutuskan untuk menikah??? 
Belum lagi kasus-kasus MBA dimana-dimana, yg memutuskan mau tidak mau harus "menikah". Setelah menikah, hanya bertahan 1 tahun bahkan ada yg hitungan bulan 'selesai' alias bercerai. Ini benar-benar miris. Saya pernah dengar teman saya bilang, "Anak-anak aja udah punya anak (sambil nunjuk anak gadis yg gendong anak)". Saya sempat bingung maksudnya apa? Setelah ngobrol panjang lebar, ternyata anak gadis itu masih SMA tetapi harus menamatkan SMA nya lebih cepat (Read! belum selesai) karena kasus MBA. *Kasihan sekali dia :-(
Belum lagi accident-accident lain yg menyebabkan begitu banyak anak-anak belia disekitar kita (15 - 23 thn) berstatus IRT atau Pernah menikah.
Nah kalau sudah seperti itu, "sejarah percintaan seperti apa yg ingin mereka bagi buat orang-orang banyak?" Jangankan untuk orang banyak, untuk anak-cucunya saja mungkin mereka tidak akan pernah bercerita. Karena malu telah mengukir sejarah yg tak harus dipublish. 

Ini benar-benar bertolak belakang dengan kisah cinta Ibu Ainun & Pak Habibie, yg begitu bangganya Pak Habibie menceritakan kisah percintaan mereka bukan hanya kepada anak-cucunya tetapi juga semua insan di muka bumi ini. Yg berhasil menghipnotis para penonton dan begitu dikagum-kagumi (terbukti, cerita ini masih rame dibicarakan).
Kisah cinta Pak Habibie & Ibu Ainun pantas dinobatkan sebagai "sejarah".
Lantas, bagaimana dengan kisah cinta dijaman sekarang? *Anda bisa jawab sendiri.



-CINTA romantis, indah dan begitu menakjubkan adalah CINTA yg mampu mengukir sebuah sejarah untuk dibagi kepada siapapun. Sedangkan CINTA celaka adalah CINTA yg tak mampu mengukir sejarah- CArDi 

-Kisah cinta penuh sejarah lebih dibutuhkan daripada kisah cinta buta- CArDi

Comments

Popular posts from this blog

PLN Part 3 ~Tes Potensi Akademik (TPA) & B.Inggris

Akhirnya Tes GAT terlewati, 2 jam di ruang uzian berhasil membuat sedikit agak bernafas lega dan otot-otot serta syaraf yang tegang rileks kembali. Sebelum keluar dari ruangan, panitia sudah mengumumkan bahwa hasil tes akan diumumkan hari itu juga paling lambat sekitar pkl 20:00 wib. Dan bagi peserta yang lanjut dapat mengikuti tes kembali besok di ruangan yang sama. Arghhh..leganya, alhamdulillah semua soal dapat saya jawab dan menyelesaikannya tepat waktu. Yah, meskipun agak sedikit ragu. Karena materi yang dikerjakan hanya sekitar 30% dari buku yang saya beli satu minggu yang lalu di Gramedia :-( Tapi wait..soal gak terlalu sulit kok, yang terpenting anda fokus dan jangan lupa berdo'a sebelum uzian :-) Selesai tes, saya shalat dulu karena belum sempat shalat zuhur tadi sebelum tes. Dan saya pulang... Sesuai arahan panitia, saya mengecek website PLN untuk mengetahui hasil tes. Ternyata belum ada. Dan sekitar pkl 23:00 wib saya buka kembali, ternyata sudah ada

Cinta! GILA atau ANEH?

Saat ada yang jatuh cinta Mereka tertawa bahagia Seakan dunia adalah surga Tak jarang perbuatan gila melanda Mulai bergaya ala artis Tak jarang berpose bak selebritis Foto demi foto di upload dengan wajah manis Hanya demi menarik perhatian sang pujaan hati Tapi, saat ada yang patah hati Dunia seakan tak berarti Rasanya ingin bunuh diri Atau..mati saja saat ini! Muka mengucel, badan melesuh, semangat memudar Upload status tak lebih dari cacian dan makian Atau..bak manusia yang paling tak berarti di dunia Entahlah! Hanya si empunya yang tahu betapa kacaunya ia! Ada pula cinta diam... Yang mengagumi dalam diam Mencintai dengan diam Berdo'a menyeru namanya diam-diam Ada juga cinta umbar Semua perasaan di publish bak selebritis Setiap kata dirajut menjadi kalimat paling romantis Semua wajah di edit jadi foto-foto manis ~ Lalu, pernahkah terlintas di benak anda? Tatkala jatuh cinta kepada seseorang dan merasa bahagia, sebenarnya ada perasaan wanita lain yan

Eye Level

Keputusanku untuk kembali ke medan setelah wisuda, bulat sudah. Banyak hal yang sudah difikirkan masak-masak sebelum memutuskan. Bukan gampang! Meninggalkan posisi karier yg terbilang sudah cukup lumayan dari segi apapun. Tapi setiap perjalanan harus ada pengorbanan, don't be egoistic!!! Ada banyak pertimbangan meninggalkan semua rutinitas di Jawa dan hidup entah seperti apa di Medan. Ya, itulah yang ada di benakku tatkala itu. Pertama, keluarga Kini kami hanya tinggal berempat. Ayah adalah bapak dan ibu bagi kami. Rasanya tidak tega harus meninggalkan ayah dan dua adikku setelah ditinggal pergi mama. Mengurus ini dan itu seorang diri. Membereskan segala sesuatunya sendiri. Ya sih masih ada fanny yg dibilang sudah cukup dewasa. Tapi, aku mengenal betul watak fanny dari kecil. Fanny bukan typikal orang yg care abis sama rumah. Care sih tapi gak pakai banget. Belum lagi si Raisya, masih terlalu kecil untuk harus memahami semua ini. Dia akan merasa kesepian karena hanya memiliki